now loading

Sektor Bisnis yang Paling Tertekan Karena Virus Corona Melanda

April 26, 2020

Karena virus corona melanda, ada banyak masalah yang timbul di permukaan dan di tengah lapisan masyarakat kemudian. Beberapa sektor bisnis pun turut mendapatkan imbasnya. Ada yang masih berusaha bertahan, ada juga yang bahkan sudah gulung tikar.

Kira – kira apa sajakah sektor bisnis yang paling tertekan karena virus corona melanda? Disini kami akan berikan ulasan selengkapnya untuk Anda. Lets check these out!

Sektor hotel dan pariwisata

Ditutupnya berbagai macam tempat wisata tentu memberikan dampak yang kurang baik pada sektor bisnis yang berkecimpung dalam bidang perhotelan dan pariwisata. Keduanya berbanding lurus. Ketika banyak tempat wisata ditutup, hal tersebut menjadikan kunjungan ke area tempat wisata tersebut menurun drastia.

Akibatnya tak banyak wisatawan dari luar kota atau luar pulau yang berkunjung sehingga sama seperti wisata yang omsetnya menurun, dunia perhotelan pun tak banyak mendapatkan pelanggan.

Usaha travel agency

Masih ada kaitannya dengan sektor hotel dan pariwisata yang sepi, usaha travel agency juga bisa dipastikan mendapatkan imbasnya. Bahkan banyak usaha travel agency yang merumahkan sopirnya dan tidak mendapatkan omset sehingga 90% omsetnya mengalami penurunan karena ditutupnya kawasan perbatasan akibat kebijakan yang ada.

Toko offline

Toko yang jualannya secara offline pastinya akan banyak mengalami masalah. Mulai dari pembatasan kegiatan sampai jam waktu tertentu sehingga tidak bisa buka toko secara maksimal sampai dengan omset yang menurun sehingga harus merumahkan beberapa karyawan, semua itu harus dialami oleh toko offline.

Ada banyak toko offline yang harus mengalami pahit dan pedihnya gulung tikar di Indonesia mulai dari usaha makanan, kedai, restoran, dan berbagai usaha lain. Solusinya, mereka yang memiliki toko offline harus sebisa mungkin mencari alternatif membuka toko online di tengah pandemic corona dan mengalihkan kegiatan jual beli melalui online.

Dengan begitu usaha tetap bisa berjalan. Namun memang memulai sesuatu yang baru tidaklah mudah. Utamanya membuka toko online karena tingkat pesaing juga sangat banyak. Namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan.

Untuk membuka toko online bagi pemilik  toko offline, ada beberapa hal penting yang bisa dijalankan diantaranya :

Mulai cari followers aktif

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari followers aktif. Anda bisa membuat konten yang menarik di sosial media Anda, kemudian perlahan demi perlahan Anda kenalkan produk yang Anda jual. Hal tersebut lebih menarik minat banyak orang untuk ikut menjadi followers aktif Anda.

Jangan lupa promosi via status sosial media

Setelah Anda mendapatkan followers, jangan lupa untuk selalu update tentang usaha Anda. Ingatkan terus menerus kepada followers agar mereka membeli produk yang Anda jual. Informasikan manfaat produk Anda dan harganya.

Anda bisa memanfaatkan berbagai sosial media seperti WhatsApp, Instagram, Facebook dan berbagai sosial media lainnya untuk menunjang promosi Anda.

Perluas area pemasaran melalui marketplace

Tidak cukup melakukan pemasaran dan aktivitas promosi di sosial media saja, Anda juga perlu memperluas area pemasaran produk melalui marketplace. Nah, keberadaan dari marketplace sendiri seperti halnya Tokopedia, Shopee atau Bukalapak sangat membantu bagi para pelaku usaha online untuk menemukan pembeli yang potensial.

Dalam dunia marketing online, sebelum website Anda diketahui oleh public, marketplace inilah yang menjadi sebuah alat paling pas untuk mendongkrak penjualan Anda sekaligus menjadi sarana untuk membuat masyarakat menyadari hadirnya toko online milik Anda.

Jadi baiknya Anda pastikan bahwa setiap produk yang Anda pasang di marketplace senantiasa membuat calon pembeli membuka website Anda dan membeli produk yang Anda tawarkan.

Pastikan produk yang Anda jual merupakan produk yang diminati pasar sehingga untuk melakukan promosi pun tidaklah sulit Anda lakukan. Sementara jika bisnis Anda bergerak di bidang jasa, sosial media adalah hal yang paling menentukan kesuksesannya dibandingkan marketplace.

Itulah beberapa sektor bisnis yang paling tertekan karena virus corona melanda dan beberapa tips untuk mengatasi masalah bisnis Anda yang bisa dilakukan. Selamat mencoba dan salam wirausaha! Semoga kesuksesan selalu menyertai Anda.

 

Cover Foto oleh Markus Spiske dari Pexels